Buka Ikan Larangan Gratis, Tradisi Masyarakat Nagari Pauah

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN -- Masyarakat Pauah Nagari Pauah buka ikan larangan "Gratis" di Batang Sumpur yang dihadiri Bupati Pasaman H. Benny Utama, SH, MM periode 2005-2010 bersama Bundo Kanduang Nagari Pauah Ujuang Tanjuang, Eka Hariani Sandra dan Tokoh Masyarakat Nagari Pauah. Sabtu (26/01/2019).

Mengisi waktu libur, masyarakat Pasaman yang hobi memancing atau manjala agaknya bisa datang ke Jorong Pauah Nagari Pauah, Kecamatan Lubuksikaping. Apa sebab?

Niniak mamak dan tokoh pemuda setempat membuka ikan larangan bagi para masyarakat yang ingin menyalurkan hobinya.

“Masyarakat cukup membawa peralatan untuk bisa ikut "Gratis". Acara buka larangan ini dimulai dari 26 s/d 27 Januari 2019 ini,” kata Hendri, Katib Rajo kepada Indonesiasatu.co.id, (27/01).

Dikatakan Hendri, untuk hobi menjala di hari Minggu. Sebab, saat waktu berakhir panitia bakal memasang uduah, suatu kepercayaan yang ditanamkan kepada masyarakat yang mengambil ikan di luar ketentuan bakal mendapat kesialan.

“Kegiatan ini manfaatnya dari kita untuk kita juga. Jaga ikan bersama-sama, hasilnya nikmati bersama-sama untuk masyarakat dan bakti sosial lainnya,” tutup Hendri.

(Anto)

  • Whatsapp

Index Berita