Wali Nagari Salo, Erman, Buka secara Resmi Penyuluhan dan Sosialisasi Simulasi Kebencanaan Alam

indonesiasatu, 09 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Agam - WALI Nagari Koto Baru Salo kecamatan Baso Agam, Ir. Erman, berikan kesempatan baik terhadap masyarakat dan aparat pemerintahan nagari dalam hal Kesiapsiagaan dan Tanggap  bencana  berupa penyuluhan, sosialisasi, dan simulasi kebencanaan, dìpusatkan di aula kantor Nagari Koto  Baru, Rabu (9/10-2019) di Salo.  
     Wali Nagari Erman saat membuka penyuluhan dan sosialisasi serta simulasi yang diberikan oleh Tim BPBD Agam dan bidang Pemadam Kebakaran diikuti hampir 80 orang tokoh masyarakat, aparat pemerintahan nagari beserta masyarakat, sangat bersyukur dan berterimakasih kepada nara sumber yang memberikan penjelasan penanggulangan bencana yang harus disiapkan oleh keluarga, masyarakat dan komunitas. Apalagi penanggulangan bahaya kebakaran akibat kelengahan para warga diberi ketetampilan praktis cara memadamkan api awal.
     Pelatihan peningkatan kapasitas bagi keluarga, komunitas dan tokoh masyarakat nagari sangat perlu mengingat daerah kecamatan Baso khusunya Nagari Koto Baru merupakan daerah wilayah bencana yang perlu mendapat perhatian dan kerjasama saat terjadi bencana.
    Tim BPBD Agam Deni Gusrianto dan Erianto dari bidang Pencegahan dan kesiapsiagaan, yang turun bersama Tim Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Agam, Rino Aditya menyebutkan pengtingnya setiap nagari ada kelompok yang siap pakai saat terjadi bencana seperti kelompok siaga bencana (KSB) yang akan membantu gerak cepat dari BPBD  menanggulangi bencana yang ada di nagari atau jorong. Begitu juga perlu tim khusus Balakar untuk membantu bila ada terjadi kebakaran menjelang kendaraan pemadam sampai dilokasi.
     Acara penyuluhan, sosialisasi tanggap bencana sebagai langkah awal peningkatan kapasitas bagi masyarakat nagari berlangsung selama satu hari sebagai pengetahuan praktis yang dapat dijadikan dasar mengambil sikap bila terjadi bencana dan kebakaran. 
     Kepada seluruh masyarakat untuk selalu siaga dalam segala bentuk bencana yang ada disekitar kita. Kenali bencananya, kenali risikonya dan berupaya menanggulanginya. Demikian ditambahkan Erianto. ( Syafrianto.S.Sos )

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami