Plt. Kankemenag Pasaman: Target Koperasi Jadi Koperasi Syariah

syafrianto, 21 Mar 2019,

PASAMAN -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman ke-26 tahun buku 2018, dan rencana kerja tahun 2019 bertempat di Aula Kemenag, Selasa (19/03).

Hadir Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman, Sulpan Amri, Kepala TU Kemenag Asrul, para Kasi, Kepala KUA se Pasaman, Ketua KPN Yophanus, Sekretaris Yudi dan pengurus KPN lainnya, serta ASN dijajaran kemenag Pasaman lainnya.

Plt Kepala.Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Sulpan Amri dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan RAT menyampaikan, anggota koperasi adalah pemilik sekaligus pengguna yang berkewajiban membesarkan koperasi. Untuk itu diharapkan semua anggota koperasi dapat berpartisipasi secara aktif demi kemajuan koperasi, khususnya koperasi amal bakti.

"Dengan suksesnya koperasi ini maka kita juga sukses, karena koperasi ini dari kita untuk kita. Jika koperasi sehat maka akan dapat meningkatkan kepercayaan dari anggotanya, dimana kepercayaan dapat diperoleh dengan membangun sistem manajemen koperasi yang baik serta mentalitas pengelolaan yang baik pula," katanya.

Kata dia, sebuah koperasi akan berkembang dan maju apabila terdapat 3 dukungan didalamnya yaitu unsur manajemen/pimpinan, komitmen pengurus, dan partisipasi anggota. "Untuk itu mari kita jaga, kita bina, kita pertahankan dalam upaya majukan koperasi untuk masa akan datang,” tambahnya.

Sulpan Amri menegaskan bahwa koperasi ini akan terus bergulir dan diupayakan akan terus maju dan ditargetkan menjadi koperasi yang terbaik di Kabupaten Pasaman. Disamping itu, pihaknya menargetkan kedepan Koperasi ini menjadi koperasi Syariah.

Dalam arahannya itu, Plt Kankemenag ini mengatakan, idelanya RAT dilaksanakan pada awal bulan Januari, namun karena adanya sejumlah kendala sehingga baru dapat dilaksanakan di bulan Maret 2019 ini. Untuk itu beliau berharap semua kendala yang ada harus dapat ditata kembali agar kedepannya koperasi amal bakti dapat berkembang lebih maju. 

Dalam kesempatan itu Sulpan juga meminta kepada Dinas Perdagangan Kabupaten Pasaman agar dapat memberikan bantuan baik bimbingan, pembinaan agar KPN Kankemag Pasaman ini dapat meningkatkan perannya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pasaman melalui Kasubag Umum, Rizal dalam kesempatan itu mengapresiasi RAT KPN Kankemang Pasaman yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. 

"RAT sangat prinsip, dan perlu di percepat. Karena RAT ini sebagusnya dilaksanakan di awal tahun. Karena RAT yg dilaksanakan bulan Maret nilainya hanya 25," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa Koperasi KPN Kankemang ini sudah menerapkan ciri-ciri syariah seperti laporan keuangan serta pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) yang berdasarkan bagi hasil serta transparan. 

Untuk itu Rizal meminta kepada pengurus KPN agar manajemen pengelolaannya dapat lebih ditingkatkan terutama laporan keuangannya dan yang terpenting sejauh mana manfaat yang dapat diberikan kepada anggotanya.

Kata Rizal, dari 137 jumlah Koperasi se Pasaman, hanya 67 koperasi yang dinyatakan aktif. "Dari 67 jumlah Koperasi itu, baru 22 Koperasi yang telah mengadakan RAT termasuk Kemenag Pasaman," ujarnya.

Sementara itu, Yophanus selaku Ketua KPN Kankemenag Pasaman dalam laporan pengurus koperasi mengatakan bahwa, RAT ini bertujuan untuk melaporkan posisi keuangan KPN selama tahun buku 2018 termasuk jumlah simpanan anggota serta jumlah SHU yang diperoleh anggota selama tahun 2018.

Jumlah Anggota KPN Kankemang Pasaman pada tahun buku 2018 sejumlah 306 anggota dengan modal yang sudah dikelola sekitar Rp. 7 miliar rupiah dengan SHU tahun 2018 sebesar Rp379.666.800.

Selanjutnya, KPN Kankemenag telah memiliki sejumlah bidang usaha seperti simpan pinjam dan waserda yang telah menghasilkan pendapatan. "KPN Kemenag, pada tahun 2018 lalu asetnya juga telah bertambah yakni dengan membeli sebidang tanah seluas 860 meter persegi dengan satu buah rumah diatasnya yang berlokasi di jalan Imam Bonjol No 49 Lubuksikaping," katanya. 

Yophanus menyampaikan bahwa, kami dari pengurus menyadari bahwa apa yang telah pengurus kerjakan selama setahun buku 2018 ini belum bisa memberikan hasil yang maksimal bagi anggota, masih banyak yang harus dibenahi dari kekurangan KPN Kankemenag.

"Untuk itu diharapkan dari Bapak/Ibu para anggota memberikan saran dan pendapat yang baik yang sifatnya membangun dan mensukseskan KPN Kankemenag ini kedepannya" tukasnya. 

Editor: Anto

FB
WA Telegram
PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu