Roehana Koeddoes Dinobatkan Jadi Pahlawan Nasional

zulabrar, 07 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

AGAM--- Roehana Koeddoes adalah perempuan pertama perintis pers Indonesia dan penggerak perempuan di Minangkabau, beliau juga tokoh pendidikan yang mendirikan sekolah keterampilan di tanah kelahirannya.

Terlahir dengan nama Sitti Rohana, Roehana Koeddoes lahir di Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada tanggal 20 Desember 1884 dari pasangan M. Rasad Maharaja Sutan dan Ibu Kiam.

Roehana Koeddoes adalah kakak dari Sutan Syahrir beda ibu dan sepupu H. Agus Salim, sedangkan suaminya Abdul Kudus paman dari Chairil Anwar.

Pada hari Jum'at, (8/11/2019) Roehana Koeddoes akan dinobatkan sebagai pahlawan Nasional atas permintaan masyarakat kabupaten Agam setelah melalui proses yang panjang, akhirnya pemerintahan pusat akan menganugerahkan Roehana Koeddoes sebagai pahlawan Nasional pada acara Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati mengaku bersyukur, karena usaha yang dilakukan selama ini direspon oleh pemerintah pusat. Sehingga Almarhumah Roehana Koeddoes akhirnya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Pendiri sekolah kerajinan amai setia ini diusulkan menjadi Pahlawan Nasional pada awal 2017 bersama tiga pahlawan lainnya yaitu, Siti Manggopoh, Abdul Manan dan M. Shaleh Dt Rajo Pangulu,” ujar Rahmi di Lubuk Basung.

Dengan dinobatkannya Roehana Koeddoes sebagai pahlawan Nasional, Agam telah memiliki tujuh pahlawan nasional yaitu, Adenan Kapau Ganai asal Kecamatan Palembayan, Rasuna Said Kecamatan Tanjung Raya, Buya Hamka Kecamatan Tanjung Raya, Abdul Muis Kecamatan Sungai Pua, Agus Salim Kecamatan IV Koto, Abdul Halim Kecamatan Banuhampu dan yang baru Roehana Koedoes Kecamatan IV Koto.

“Tahun ini kita juga sudah mengusulkan satu pahlawan lagi untuk dijadikan pahlawan Nasional yaitu Syekh Sulaiman Ar-Rasuli asal Kecamatan Canduang,” ungkapnya.(abrar)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami