Saksi Ahli: Terdakwa Rusma Yul Anwar Rusak 0,79 Hektar Hutan Bakau (Mangrorove) di Kawasan Mandeh

indonesiasatu, 21 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Sumbar - Kerusakan hutan bakau (mangrove) di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. 0,79 di lokasi terdakwa Rusma Yu Anwar, dari keterangan Dr.Ir.Nyoto Santoso, Dosen Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB) saat dihadirkan sebagai saksi ahli, di Pengadilan Negeri Klas I A Padang, rabu (20/11)

Saat, dirinya mengunjungi ke lokasi terdakwa pada tanggal 17 Oktober tahun 2017, yang didampingi penyidik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK) serta pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan.

"Sacara kasat mata di duga melakukan penggerukan, dan pembukaan lahan sehingga mengakibatkan manggrove mati," jelasnya.

Di saat itu pihaknya mengambil titik koordinat di lokasi serta mengeceknya dengan citra satelit dengan metode GPS dan diketahui areal yang rusak sebelumnya merupakan mangrove.

Menjawab pertayaan jaksa penuntut umum, Dr Ir Nyoto Santoso, MS menjelaskan dibutuhkan waktu kurang lebih 12 tahun untuk mengembalikan hutan mangrove ke kondisi semula.

Pada sidang yang diketuai Hakim Gustiarso, pihaknya menjelaskan perusakan disimpulkan setelah berpedoman pada Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 201 Tahun 2004 Tentang Kriteria Baku dan Pedoman Penentuan Kerusakan Mangrove.

Pada saat sidang berlangsung, Hakim Ketua sempat menegur Panasehat Hukum Rusma Yul Anwar, Vino Oktavia karena melakukan perdebatan kepada saksi ahli.

"Di sini bukan tempat perdebatan. Anda kan bukan ahli, nanti kan juga ada keterangan ahli dari terdakwa," tegas Hakim.

Sidang kembali dilanjutkan pada Kamis (28/11) mendatang, dengan agenda mendengar keterangan saksi ahli terdakwa. (Tim)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu