Semarak Festival Kopi Meriahkan HUT ke 15 Pasaman Barat

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN BARAT--Festival Kopi turut meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pasaman Barat yang ke-15 di stand samping halaman kantor Bupati Pasbar, Senin (07/01/2019).

Wakil Bupati Yulianto mengaku kegiatan tersebut baru pertama kali diadakan di Pasbar. 

"Festival kopi ini terselenggara atas kolaborasi antara Pemerintah Daerah Pasbar dan Asosiasi Petani Kopi Pasaman Barat. Festival kopi 2019 ini bertujuan untuk menghadirkan berbagai varian kopi dari seluruh wilayah kabupaten kota se-Sumatera Barat yang di wakili oleh petani dan pengusaha kopi dimasing-masing daerah,"ujar Yulianto.

Saat ini kata dia, Pasbar memiliki lahan perkebunan kopi robusta dan kopi arabika seluas lebih kurang 1.200 Hektare. Produksinya pun kata dia bisa mencapai 450 Ton per Tahun dengan rata-rata produktivitas lebih kurang 800 Kilogram per Hektare. 

"Diharapkan petani dapat meningkatkan serta melakukan perluasan areal dimana tanah kita bagus dan berpotensi untuk di kembangkan lagi menjadi areal perkebunan kopi,"katanya.

Festival Kopi itu kata dia ada yang berasal dari Sentral kopi Solok Selatan, Tanah Datar, Sawahlunto maupun kopi lokal kita dari Talamau. 

"Dengan mengukuti event ini diharapkan bisa menjadi ajang mendapatkan informasi, mengembangkan gagasan dan mempromosikan produk kopi yang ada. Bisa dipasarkan ke seluruh penjuru dunia. Semoga di Sumatera Barat ini komoditi kopinya menjadi lebih baik mutu dan kualitasnya,"harapnya.

Dirinya juga meminta kepada petani kopi yang mengikuti event kopi dapat mengembangkan usahanya, diskusi, pelatihan dan meningkatkan pengetahuan juga dalam mempromosikan produksinya sampai keluar Negeri.

(***)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita