Udara Tak Sehat Terpapar Kabut Asap, Pemko Solok Keluarkan Himbauan

rizki, 20 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

SOLOK KOTA - Maraknya pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) sudah mengakibatkan bencana di sebahagian Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahkan merambah ke Negara tetangga. Kota Solok Provinsi Sumatera Barat ikut terdampak bencana polusi udara yang dikhawatirkan memicu inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Menindaklanjuti hasil pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Solok tentang kondisi cuaca Kota Solok yang sudah mulai tidak sehat, Pemerintah Kota Solok mengeluarkan beberapa himbauan kepada masyarakat daerah setempat.

Polusi udara yang disebabkan kabut asap yang sedang menyelimuti Kota Solok mulai membuat udara di Kota Beras Serambi Madinah itu terpantau tidak sehat, untuk itu Pemerintah Daerah setempat menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan guna melindungi diri saat keluar dari rumah dengan menggunakan masker penutup mulut;

Dalam imbauan itu, Pemerintah Kota Solok juga menyarankan untuk mengurangi aktifitas di luar rumah, apabila tidak terlalu mendesak/perlu, serat menghimbau agar tidak membakar jerami, pembakaran lahan dan membakar sampah untuk mengurangi dampak ketebalan asap.

Demi menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat, Pemko Solok juga menganjurkan masyarakat untuk meminum lebih banyak air putih (mineral), menutup pintu dan jendela tapat – rapat agar udara kotor berselimut asap tidak masuk serta mencuci tangan dan wajah setelah beraktivitas di luar rumah.

Secara terpisah, himbauan senada disampaikanWakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng, agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ektrem belakangan ini guna menjaga kesehatan.

Politisi partai PAN itu meminta masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah ataupun jerami, serta mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Demi kesehatan, jika tidak terlalu penting dan mendesak, sebisa mungkin tidak usah ke luar rumah dulu. Dan kalaupun harus keluar rumah, gunakanlah penutup mulut atau masker”, ujar EC. (Amel)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami